@thesis{thesis, author={Husna Asmaul}, title ={Penerapan Metode Kolaboratif dengan Teknik Permainan Membaca Cepat untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik}, year={2012}, url={http://digilib.uinsby.ac.id/10281/}, abstract={Bahasa Arab sering kali dianggap mata pelajaran yang menyulitkan bagi kebanyakan siswa dalam belajar di sekolah. Hal itulah yang menyebabkan guru bahasa arab dituntut agar mampu menciptakan metode pengajaran baru yang lebih menarik bagi siswa. Tetapi tidak hanya itu, guru juga harus bisa memberikan metode pengajaran yang sesuai dengan latar belakang kemampuan yang dimiliki siswa. Hal itulah yang terjadi di Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik, perbedaan kemampuan siswa dalam pelajaran bahasa arab menjadi kesulitan bagi guru untuk menemukan metode pengajaran yang sesuai untuk mengatasi permasalahan tersebut.Metode kolaboratif dapat menjadi salah satu alternatif metode yang dpat digunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Metode ini dirasa dapat membantu kesulitan guru dalam menghadapi tantangan mengajar siswa dengan perbedaan karakteristik dan kemampuan individual antar siswa. Pembelajaran kolaboratif dapat menyediakan peluang untuk menuju pada kesuksesan praktek praktek pembelajaran. Sebagai teknologi untuk pembelajaran, pembelajaran kolaboratif melibatkan partisipasi aktif para siswa dan meminimisasi perbedaan-perbedaan antar individu.Penelitian ini diharapkan dapat memecahkan permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Arab. Dalam penelitian ini akan membahas penerapan metode kolaboratif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian berupa observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Hal itu untuk membuktikan efektivitas penerapan metode kolaboratif dalam pembelajaran Bahasa Arab.} }