@thesis{thesis, author={Mahmud Ubaidillah}, title ={PELAKSANAAN PENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH 16 SURABAYA : STUDI RELEVANSI DENGAN KONSEP PENDIDIKAN PAULO FREIRE}, year={2013}, url={http://digilib.uinsby.ac.id/10428/}, abstract={Pendidikan menurut Paulo Freire harus berorientasi untuk membebaskan manusia dari kungkungan rasa takut dan tertekan akibat otoritas kekuasaan (penindasan).1 Konsep yang ditawarkan oleh Freire ini, secara ideal mestinya mampu menjadi solusi atas bentuk-bentuk ketimpangan sistem pendidikan kita, baik secara teoritik maupun praktik di lapangan. Pendidikan pada hakikatnya merupakan proses budaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia. Ini menunjukkan bahwa manusia akan menjadi manusia karena pendidikan, atau dengan kata lain bahwa pendidikan berfungsi untuk memanusiakan manusia.2 Disadari atau tidak fungsi pendidikan dalam konteks ini, yakni memanusiakan manusia merupakan pondasi dasar dalam pelaksanaan pendidikan. Dalam hal ini, secara kritis perlu ditelaah bersama bahwa pelaksanaan pendidikan kita sampai detik ini masih jauh dari apa yang dicitakan dari idealitas fungsi pendidikan itu sendiri. Rumusan masalah yang akan dibahas di dalamnya, yaitu: 1. Bagaimana konsep pendidikan perspektif Paulo Freire? 2. Bagaimana konsep pendidikan demokratis di SD Muhammadiyah? 3. Bagaimana relevansi pelaksanaan pendidikan demokratis di SD Muhammadiyah dengan konsep pendidikan Paulo Freire?} }