@thesis{thesis, author={Badriyah Nurul}, title ={ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI SISWA DALAM MEMECAHKAN BENTUK PERPANGKATAN DAN AKAR PANGKAT DI KELAS V SD NEGERI 1 SRATUREJO BAURENO BOJONEGORO}, year={2013}, url={http://digilib.uinsby.ac.id/10584/}, abstract={Penalaran merupakan hal yan sangat penting dalam pembelajaran matematika. Salah satu cara bernalar adalah dengan menggunakan analogi. Analogi dapat digunakan untuk membantu memecahkan masalah, jika siswa dapat menggunakan pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya untuk menyelesaikan masalah yanag baru. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan penalaran analogi siswa dalam memecahkan masalah bentuk perpangkatan dan akar pangkat.untuk mendeskripsikan proses berpikir analogi siswa dalam memecahkan masalah bentuk perpangkatan dan akar pangkat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes penalaran analogi matematika (TPAM) yang diberikan kepada 36 siswa kelas V SD Negeri 1 Sraturejo Baureno Bojonegoro. Berdasarkan wawancara hasil TPAM siswa di kelompokan dalam 3 kelompok yaitu : kelompok kemampuan penalaran analogi tinggi, kelompok kemampuan penalaran analogi sedang, dan kelompok kemampuan penalaran anlogi rendah. Untuk mengetahui proses berpikir analogi siswa dalam memecahkan masalah matematika dilakukan dengan wawancara terhadap 2 siswa tiap kelompok.} }