@thesis{thesis, author={Narulita Nuri}, title ={IMPLEMENTASI TEKNIK BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK DI TK CEMDEKIA NUSANTARA RW 03 SURABAYA}, year={2013}, url={http://digilib.uinsby.ac.id/10831/}, abstract={Taman Kanak-kanak (TK) Cendekia Nusantara RW03 Surabaya adalah sekolah untuk anak-anak usia dini (pra sekolah) yang diperuntukkan bagi anak-anak yang berada pada rentang usia antara 4-6 tahun. Salah satu tujuan dalam kurikulum di sekolah ini adalah anak-anak usia dini mendapatkan pengalaman yang diperoleh anak dari lingkungan, termasuk stimulasi oleh orang dewasa, akan dipengaruhi kehidupan anak di masa yang akan datang. Selain itu, pengembangan dalam kurikulum juga mencakup aspek perkembangan sosial. Salah satu pengembangan dalam aspek sosial tersebutdapat diwujudkan melalui teknik bermain. Berdasarkan uraian tersebut, penulis mengambil tiga rumusan masalah yang diteliti sebagai acuan dalam penulisan skripsi, diantaranya adalah (1) Bagaimana kondisi perkembangan sosial anak di TK Cendekia Nusantara RW 03 Surabaya? (2) Bagaimana implementasi teknik bermain bagi perkembangan sosial anak di TK Cendekia Nusantara Surabaya RW 03? (3) Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat dari implementasi teknik bermain bagi perkembangan sosial anak di TK Cendekia Nusantara RW 03 Surabaya? Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode Kualitatif yang bersifat kualitatif deskriptif untuk memperoleh data-data yang ada mengenai impelementasi teknik bermain untuk meningkatkan perkembangan sosial anak di TK Cendekia Nusantara RW03 Surabaya. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, interview, dan dokumentasi untuk mengetahui tentang latar belakang masalah yang diteliti. Berdasarkan data yang diperoleh dari berbagai teknik tersebut, peneliti dapat menyimpulkan bahwa teknik bermain telah dilakukan di sekolah tersebut. Akan tetapi, penerapan dari teknik bermain untuk meningkatkan perkembangan sosial, dilakukan saat peneliti mengadakan observasi di sekolah tersebut. Kegiatan tersebut telah terlaksana cukup baik, dengan tercapainya beberapa indikator dalam perkembangan sosial anak-anak usia dini yang mulanya hanya tercapai beberapa point saja. Dalam pemaparan hasil penelitian tersebut, Penulis memberi saran kepada pihak sekolah, yaitu TK Cendekia Nusantara RW 03 Surabaya agar pelaksanaan dalam pengembangan aspek sosial anak dapat terus ditingkatkan. Baik melalui kegiatan bermain, maupun kegiatan lain yang bersifat positif.} }