@thesis{thesis, author={Mumtazah Naila Sa'adah}, title ={Peningkatan hasil belajar materi perkalian dua bilangan menggunakan media batang bilangan pada siswa kelas III MI Bina Bangsa Surabaya}, year={2019}, url={http://digilib.uinsby.ac.id/31166/}, abstract={Penelitian ini dilakukan karena pembelajaran di kelas di kategorikan kurang baik yang masih berpusat pada guru. Guru kesulitan memilih media, metode, maupun strategi yang sesuai untuk digunakan pada materi Matematika, sehingga pembelajaran dikelas monoton dan beberapa siswa cenderung ramai dan tidak memperhatikan penjelasan guru di depan. Akhirnya berpengaruh pada nilai hasil belajar siswa. Hasil belajar sebelumnya hanya mencapai ketuntasan sebesar 32%. Oleh karena itu peneliti melakukan usaha perbaikan melalui penelitian tindakan kelas menggunakan media batang bilangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan media Batang Bilangan pada materi perkalian dua bilangan kelas III MI Bina Bangsa Surabaya?. 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar materi perkalian dua bilangan kelas III MI Bina Bangsa Surabaya setelah menggunakan media Batang Bilangan?. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III MI Bina Bangsa Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara, pengamatan, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan penggunaan media batang bilangan pada materi perkalian dua bilangan berjalan dengan baik. Hasil tiap siklus mengalami kenaikan pada aktivitas guru dan siswa. Perolehan nilai aktivitas guru pada siklus I yaitu 78,57 (Cukup) dan meningkat menjadi 91,96 (Sangat Baik). Hasil nilai aktivitas siswa pada siklus I yaitu 82,29 (Baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 94,79 (Sangat Baik). 2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah melakukan pembelajaran menggunakan media batang bilangan. Hasil pra siklus, nilai rata-rata siswa sebesar 63,52 dengan persentase keberhasilan siswa 31,57% (Kurang), meningkat pada siklus I menjadi 70,65 dengan persentase sebesar 63,15% (Cukup). Kemudian dilakukan perbaikan pada siklus II sehingga rata-rata meningkat menjadi 84,43 (Sangat Baik) dengan persentase keberhasilan sebesar 89,47% (Sangat Baik).} }