@thesis{thesis, author={Istiqomah Iva}, title ={PRASASTI MASJID AGUNG SUNAN AMPEL SURABAYA : STUDI TENTANG KONTAK PERADABAN ANTARA JAWA, ARAB DAN BARAT DALAM KRONOLOGI}, year={2014}, url={http://digilib.uinsby.ac.id/7834/}, abstract={Dalam penelitian ini focus pada prasasti masjid agung sunan ampel Surabaya kontak peradaban antara jawa, arab dan barat dalam kronologi. Adapun rumusan masalah: 1). Apa isi prasasti masjid agung sunan ampel Surabaya dilihat dari konsep kronologi?, 2). Bagaimana makna peradaban dalam prasasti masjid agung sunan ampel Surabaya dilihat dari konsep perubahan budaya?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi teks prasasti masjid agung sunan ampel Surabaya dilihat dari konsep kronologi dan ingin mengetahui arti prasasti masjid agung sunan ampel Surabaya dilihat dari konsep perubahan budaya. Adapun langkah-langkah dalam penelitian untuk penulisan skripsi ini ada empat metode yaitu: a) pengumpulan data yaitu suatu proses yang dilakukan peneliti untuk mengumpulkan sumber-sumber data dengan cara observasi, interview dengan masyarakat yang diteliti, b) pengamatan dan deskripsi, pengamatan yang peneliti lakukan diantaranya bentuk prasasti persegi panjang, bentuk tulisan, hiasan dan tekhnologi yang dipakai adalah tekhnologi ukir atau memahat, c) analisis, menganalisis dari semua data-data yang sudah terkumpul dengan menggunakan pendekatan kualitatif, d) penyusunan atau eksplanasi, setelah fakta diketahui dari penganalisisan data-data kemudian disajikan dalam bentuk tulisan yang dalam penyampaiannya dengan deskripsi yaitu memberikan keterangan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh. Penulis menggunakan teori strukturalisme yang dikemukakan oleh jean pieget dan levi strauss, mejelaskan kebudayaan adalah rangkaian tranformasi dan struktur-struktur tertentu yang ada di baliknya. Dari hasil penelitian terdapat perubahan budaya yaitu budaya jawa, arab dan barat. Dalam prasasti masjid agung sunan ampel Surabaya terdapat tulisan dan bahasa yang berbeda, dalam prasasti terdapat tulisan arab akan tetapi bahasa yang dipakai bahasa jawa dan barat. Pengaruh barat dalam masyarakat ampel sangat kuat sehingga struktur masyarakat tersebut berfungsi membentuk pertanggalan jawa, Islam dan barat. Dalam prasasti masjid agung sunan ampel Surabaya terjadi hilangnya kebudayaan jawa asli dan munculnya peradaban asing seperti pertanggalan tahun jawa (saka), Islam (hijriyah) dan barat (masehi).} }