@thesis{thesis, author={Fitriyawati Indah}, title ={UPAYA PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PONDOK PESANTREN (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN TAHSINUL AKHLAQ BAHRUL ULUM SURABAYA)}, year={2010}, url={http://digilib.uinsby.ac.id/8271/}, abstract={Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan tradisional yang berkomitmen sebagai lembaga pendidikan tafaqquh fiddin tidak diragukan lagi dapat memberikan peran yang penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dengan indikator, selalu memiliki kemantapan akidah dan kedalaman spiritual, keagungan akhlak dan moral, keluasaan ilmu pengetahuan, siap berkompetisi dalam era global dengan kesiapan hidup pada masa sekarang dan mendatang. Penelitian ini untuk mengetahui secara khusus tentang Upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Tahsinul Ahlak Bahrur Ulum Surabaya) dengan fokus pembahasan upaya pondok pesantren Tahsinul Ahlak Bahrur Ulum Surabaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan adanya peningkatan kualitas santri dalam menghadapi perubahan zaman yang serba modern dan kompetitif yang diarahkan pada tiga arah yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya pondok pesantren Tahsinul Ahlak Bahrur Ulum Surabaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, 2) Bagaimana masalah-masalah yang dihadapi pondok pesantren Tahsinul Ahlak Bahrur Ulum Surabaya dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan upaya pondok pesantren Tahsinul Ahlak Bahrur Ulum Surabaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta mengetahui masalah-masalah yang dihadapi pesantren Tahsinul Ahlak Bahrur Ulum Surabaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Beberapa deskripsi tersebut digunakan untuk menemukan prinsip-prinsip dan penjelasan yang menuju pada kesimpulan. Jenis penelitiannya adalah studi kasus. Kehadiran peneliti bertindak sebagai observer. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan cara mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi. Adapun tahap-tahap penelitian yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyelesaian. Hasil dari penelitian ini adalah upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia pondok pesantren Tahsinul Ahlak Bahrur Ulum Surabaya adalah melalui peran aktif pondok pesantren Tahsinul Ahlak dalam mengembangkan berbagai sektor yaitu: peningkatan mutu pendidikan, pembangunan fisik, penggalian dana, pengembangan desa, pengkaderan, dan pengembangan masyarakat dengan arah dan tujuannya adalah terbentuknya manusia yang berkualitas yang memiliki kemantapan aqidah, sikap ilmiah, kreatif, profesional, kepemimpinan dan kader dalam masyarakat. Strategi yang digunakan adalah peningkatan kualitas tenaga pengajar dan kualitas siswa serta masalah-masalah yang dihadapi pondok pesantren Tahsinul Ahlak Bahrur Ulum Surabaya yaitu terbatasnya sarana dan prasarana, belum memadainya perpustakaan, belum optimalnya kinerja karena terbatasnya SDM, kurangnya sumber pendanaan dan kurangnya penegakan disiplin santri serta banyaknya santri yang tidak berkenan mukim di asrama. Sebagai kelanjutan dari penelitian ini, dapat disarankan agar pondok pesantren lebih mengutamakan pendidikannya pada kebutuhan masyarakat, mengadakan pengembangan, penyempurnaan dan evaluasi program, memberdayakan alumni sebagai sumber pendanaan, pengoptimalan kinerja SDM dengan pelatihan dan pendidikan serta mengadakan sosialisasi kepada masyarakat} }