@thesis{thesis, author={ }, title ={PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PEMBAGIAN PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) KELAS V MI RADEN RAHMAT BALONGBENDO SIDOARJO}, year={2011}, url={http://digilib.uinsby.ac.id/9232/}, abstract={Pelaksanaan guru dalam mengajar pembagian pecahan di MI Raden Rahmat Balongbendo Sidoarjo memakai rumus dan memberi contoh konkrit tanpa melibatkan siswa dalam menemukan materi yang dipelajari sehingga menyebabkan kesulitan siswa menghitung pembagian tingkat Untuk itu digunakan pembelajaran keterlibatan siswa dalam menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkan dengan situasi kehidupan nyata atau dalam kehidupan sehari-hari melalui pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) materi menghitung pembagian pecahan kelas V MI Raden Rahmat Balongbendo Sidoarjo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan wawancara. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning yaitu 47,8 %, setelah menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL) hasil belajar siswa meningkat menjadi 65,2 % pada siklus I dan 78,2 % pada siklus II. Selain meningkatkan menghitung pembagian pecahan siswa, pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini terbukti dari hasil observasi aktivitas siswa dimana aktivitas siswa pada siklus I cukup dan meningkat pada siklus II yaitu sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran dapat meningkatkan contextual teaching and learning hasil belajar siswa dalam menghitung pembagian pecahan kelas V MI Raden Rahmat Balongbendo Sidoarjo.} }