@thesis{thesis, author={ }, title ={PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BILANGAN PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS IV SDI K. IBRAHIM SIWALANKERTO SURABAYA}, year={2009}, url={http://digilib.uinsby.ac.id/9235/}, abstract={Pembelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan pecahan yang dilaksanakan di kelas IV SDI K. Ibrahim Siwalankerto Surabaya belum melibatkan potensi dan peran siswa secara optimal. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa karena siswa cenderung pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna. Menanggapi hal tersebut, maka dengan dilaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui penelitian tidakan kelas diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan pecahan pada siswa kelas IV SDI K. Ibrahim Siwalankerto Surabaya. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan pecahan pada siswa kelas IV SDI K. Ibrahim Siwalankerto Surabaya?; (1) seberapa besar peningkatan hasil belajar matematika pokok bahasan pecahan pada siswa kelas IV SDI K. Ibrahim Siwalankerto Surabaya setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (2) untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar matematika pokok bahasan pecahan pada siswa SDI K. Ibrahim Siwalankerto Surabaya dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD; (3) untuk mendeskripsikan tingkat hasil belajar matematika pokok bahasan pecahan pada siswa kelas IV SDI K. Ibrahim Siwalankerto Surabaya melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara diskriptif kualitatif. Dari uraian diatas peneliti menyimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDI K. Ibrahim Siwalankerto Surabaya. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas belajar siswa yang mengalami peningkatan, pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 75,9 % dan pada siklus II sebesar 92,6 %. Sedangkan nilai rata-rata sebelum diadakan penelitian seesar 64,2 dengan ketuntasan klasikal 65 %. Mengalami peningkatan pada siklus I,yakni sebesar 5,3 sehingga menjadi 69,5 dengan ketuntasan klasikal 75,6 % dan mengalami peningkatan juga pada siklus II yakni sebesar 11,4 sehingga nilai rata-rata mencapai 80,9 dengan ketuntasan klasikal sebesar 89 %.} }