@thesis{thesis, author={Maskhuroh Lailatul}, title ={METODE DAN KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM TAFSIR AL-MISBAH (STUDI ATAS PEMIKIRAN. M. QURAISH SHIHAB)}, year={2011}, url={http://digilib.uinsby.ac.id/9606/}, abstract={Metode penelitian tesis ini menggunakan penelaahan kepustakaan. Perolehannya melalui proses organizing and selection. Di mana data-data diorganisasi dan dikelola secara selektif sesuai kategorisasi berdasarkan Content analisis (analisa isi). Kemudian data tersebut dikelola secara apa adanya dengan metode maudlu’iy. Metode maudlu’iy yang dimaksud adalah metode yang membahas dan menganalisa tafsir ayat-ayat akhlak, sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam mengelaborasikan pemikirannya mengenai ayat-ayat akhlak, M. Quraish Shihab lebih cenderung memakai metode Tahlily dalam menafsirkan kandungan ayat tersebut. Kemampuan bahasa arabnya yang tinggi sangat terlihat ketika membahas arti kata perkata dalam al-Qur’an. Karya ini juga kaya akan referensi, sehingga pembahasannya sangat luas dan terperinci, namun tetap dalam koridor yang dibutuhkan oleh sebuah tafsir. komponen pendidikan akhlak dalam pandangan M. Quraish Shihab dapat disimpulkan sebagai berikut : a. Tujuan pendidikan akhlak adalah pencapaian tujuan penciptaan manusia sebagai khalifah Allah SWT di dunia. b. Metode pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan pendidikan akhlak adalah metode olah jiwa, pembiasaan, keteladanan, dan lingkungan yang sehat Korelasi pendidikan akhlak M. Quraish Shihab dengan dengan pendidikan Islam adalah bahwa substansi dari pendidikan Islam adalah pendidikan akhlak itu sendiri} }