@thesis{thesis, author={Chasanah Uswatun}, title ={MODEL PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DI SEKOLAH DASAR AL-AZHAR KELAPA GADING SURABAYA}, year={2011}, url={http://digilib.uinsby.ac.id/9615/}, abstract={Hasil temuan awal menunjukkan adanya kendala atau persoalan yang berkaitan dengan peran kepala sekolah sebagai supervisor dan motivator, seperti kepala sekolah dalam mengadakan kunjungan ke kelas untuk mengamati guru yang sedang mengajar, observasi untuk memperbaiki cara mengajar guru tergolong kurang maksimal, dan minimnya kepala sekolah dalam menciptakan hubungan kerja yang harmonis sesama guru, seperti dengan bertamu ke rumah para guru bersama guru-guru yang lainnya, disisi lain guru memandang perlunya supervisi dan motivasi oleh kepala sekolah dalam rangka pembinaan sehingga perlu dikaji pengaruhnya terhadap kinerja guru dalam menjalankan tugasnya. Permasalahan penelitian ini: Sejauh mana peran kepala sekolah sebagai Supervisor dan Motivator dalam meningkatkan kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sreseh Sampang dan bagaimana kendala serta solusi apa yang diberikan oleh kepala madrasah di dalam menjalankan perannya? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Sejauh mana peran kepala sekolah sebagai Supervisor dan Motivator dalam meningkatkan kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sreseh Sampang dan bagaimana kendala serta solusi apa yang diberikan oleh kepala madrasah di dalam menjalankan perannya. Populasi penelitian ini 23 guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Sreseh Sampang. Populasi ini sekaligus sebagai sampel. Variabel yang diteliti meliputi peran kepala sekolah sebagai Supervisor dan Motivator sebagai variabel bebas sedangkan kinerja guru sebagai variabel terikatnya. Data diambil dengan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil analisis regresi nilai r value = 1,0. Nilai r value tersebut lebih dari taraf signifikansi 5 % = 0,413. dan 1 % 0,526 dan Berdasarkan hasil data bahwa 2,04  0,05, yang berarti hipotesis yang menyatakan ada pengaruh antara peran kepala sekolah sebagai supervisor dan motivator dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Sreseh Sampang diterima dan tergolong baik karena signifikan. Sedangkan Berdasarkan data nilai setiap variabel X_1 = -17,26 ≤ variabel X_2 = 2,04 yang berarti bahwa peran kepala sekolah sebagai motivator lebih berpengaruh dari pada peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa secara simultan peran kepala sekolah sebagai supervisor dan motivator berpengaruh dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Sreseh Sampang dan tergolong baik. Oleh karena itu disarankan kepada kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas supervisi dan motivasinya, seperti meningkatkan kunjungan kelas dalam rangka supervisi klinis, observasi perbaikan, meninjau rencana pembelajaran, dan pandai-pandai menciptakan hubungan kerja yang harmonis sesama guru, dengan tidak bosan-bosan bertamu ke rumah para guru bersama guru-guru yang lainnya serta tegas dalam menerapkan aturan-aturan dan sanksi kepada guru yang telah lalai terhadap tugasnya dengan memberi tegoran dan surat peringatan. sehingga diharapkan terjalinlah hubungan kekeluargaan dan keterbukaan antara kepala sekolah dengan para guru jika itu terpenuhi, maka kesuksesan pendidikan selalu perpihak padanya} }