@thesis{thesis, author={Maimun Maimun}, title ={TERAPI WUDU' UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS XII SMA AS-SALAM CENLECEN PAKONG PAMEKASAN}, year={2011}, url={http://digilib.uinsby.ac.id/9618/}, abstract={Wudu' merupakan ibadah yang dilakukan dengan cara mengusap sebagian anggota badan dengan air. Wudu' dilaksanakan sebelum ÅŸalat, tawaf dan hendak menyentuh al-Quran dan berfungsi sebagai media dalam berkomunikasi dengan Tuhan. Dalam konteks ini wudu' diestimasi memiliki banyak manfaat khususnya dalam menciptakan rasa khusu' atau konsentrasi, yaitu aktifitas mental yang mengarah pada perhatian yang terpusat. Kondisi mental seperti ini diyakini mampu memberikan pencerahan dan ketersambungan yang intens sehingga hasil yang diharapkan mendekati 100%. Estimasi ini peneliti praktekkan sebagai objek penelitian dalam ranah pendidikan khususnya proses belajar mengajar di kelas dalam bentuk terapi, yaitu melaksanakan wudu' sebelum memulai pelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan triangulasi dengan jenis penelitian eksperimen. Instrument yang digunakan adalah angket, tes, interview, dan observasi. Adapun teknik analisisnya adalah product moment dan t test. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh wudu' terhadap konsentrasi belajar siswa serta signifikansinya. Populasi yang dijadikan subjek penelitian adalah siswa kelas XII SMA as-salam cenlecen pakong pamekasan yang berjumlah 26 siswa. Berdasarkan penghitungan t tes diperoleh kesimpulan bahwa intensitas konsentrasi belajar kelas eksperimen berbeda dengan intensitas konsentrasi kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki tingkat konsentrasi yang lebih baik. Hal ini berarti bahwa wudu' berpengaruh terhadap konsentrasi belajar siswa. Sedangkan penghitungan korelasi product moment, menunjukkan bahwa r kerja lebih kecil dari r kritik. Hal ini berarti bahwa hipotesis kerja yang menyatakan bahwa wudu' berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsentrasi belajar siswa ditolak. Tetapi interpretasi interval korelasi menyatakan bahwa tingkat pengaruh wudu' terhadap konsentrasi belajar siswa berada pada kategori sedang. Melihat hasil penelitian ini masih pantas kiranya wudu'dijadikan pegangan dan dipraktekkan dalam ranah kependidikan walaupun hasil penghitungan product moment menunjukkan bahwa tingkat pengaruh wudu' tidaklah signifikan} }