@thesis{thesis, author={Umaroh Aisyah}, title ={Pelaksanaan Building Learning Power (BLP) dalam Mengatasi Problem Penyesuaian Sosial Siswa Akselerasi di SMPN 1 Sidoarjo}, year={2012}, url={http://digilib.uinsby.ac.id/9632/}, abstract={Dalam Dunia pendidikan siswa akselerasi dipandang lebih unggul dibandingkan dengan siswa regular karena mereka mampu menyelesaikan studinya dengan waktu lebih cepat, tetapi dalam beberapa penelitian siswa akselerasi malah terindikasi memiliki problem terkait dengan penyesuaian sosialnya dan setelah mengali beberapa data, penulis mendapatkan informasi bahwa building learning power mampu mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa akselerasi di SMPN 1 SIdoarjo.Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode pengumpulan data: observasi, interview, dan dokumentasi. Dan adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah, Kepsek, penanggung jawab akselerasi, penanggung jawab BLP, guru BK, wali kelas, siswa akselerasi. Adapun langkah dalam tekhnik analisis data meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data.Dari hasil penelitian ini, ternyata konsep building learning power merupakan salah satu bentuk inovasi pendidikan yang lebih mengarahkan tujuan pendidikan yang tidak lagi terpaku hanya pada nilai yang akan didapatan tetai lebih dari karakter tangguh yang harus dimiliki siswa. Penulis dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran konsep building learning power adalah bagian konsep pembelajaran yang sangat menyenangkan dan sangat efektif diterapkan di sekolah agar potensi yang dimiliki oleh siswa dapat berkembang secara maksimal dengan tetap memprioritaskan moral.} }