@thesis{thesis, author={Rohmatin Aizza}, title ={Analisis Pembelajaran Matematika di SD Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya}, year={2012}, url={http://digilib.uinsby.ac.id/9644/}, abstract={Salah satu usaha kongkrit guna meningkatkan mutu kualitas SDM adalah melalui perbaikan proses pembelajaran. Karena selama ini proses pembelajaran yang ada hanya diarahkan untuk membentuk manusia yang cerdas, serta tidak diarahkan untuk membentuk manusia yang aktif dan inovatif, sehingga berakibat anak hanya kaya teori tapi miskin aplikasi. Karena alasan inilah perlu diadakan pengembangan strategi maupun model pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan psikologi anak. SD Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya (SAIMS) merupakan salah satu sekolah yang menerapkan itu semua. Sekolah ini menerapkan model pembelajaran yang membuat anak tetap riang gembira di saat pembelajaran berlangsung (joyful learning). Yakni belajar sambil bermain dan menggunakan alam sebagai media utama pembelajaran. Prinsip dasarnya, anak akan belajar secara efektif bila berada dalam kondisi fun dan nyaman. Dari pemaparan tersebut timbul pertanyaan, apakah pembelajaran matematika di SD SAIMS sudah sesuai dengan standar proses dan standar penilaian yang dikeluarkan pemerintah. Untuk menjawab pertanyaan tersebut di adakanlah penelitian tentang pembelajaran matematika yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data mengikuti konsep Miles dan Huberman. Untuk mengetahui keterlaksanaan standar proses dan standar penilaian dalam pembelajaran matematika digunakan format check list dengan skala prosentasi. Hal ini dilakukan mengingat banyaknya objek yang diteliti, yakni sebanyak tiga guru mata pelajaran matematika.Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh data sebagai berikut: perencanaan pembelajaran sangat baik dengan prosentase 85,96%. pelaksanaan pembelajaran sangat baik dengan prosentase 93,71%. Penilaian pembelajaran sangat baik dengan prosentase 90%. Sehingga secara umum dapat penulis simpulkan bahwasanya pembelajaran matematika di SD Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian, terpenuhi dengan sangat baik} }