@thesis{thesis, author={Fitriyah Lailatul}, title ={PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MEDIA SMART ROULLETE PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII MTs DARUL HIKAM TRACAL KECAMATAN KARANGGENENG KABUPATEN LAMONGAN}, year={2012}, url={http://digilib.uinsby.ac.id/9648/}, abstract={Pengajaran matematika tidak hanya ditekankan pada kemampuan berhitung, tetapi pada konsep-konsep matematika yang berkenaan dengan ide-ide yang bersifat abstrak. Setiap konsep atau prinsip dapat dimengerti secara sempurna jika pada awalnya disajikan dalam bentuk konkret. Konsep matematika yang disajikan dalam bentuk konkret akan lebih mudah dipahami dan dimengerti serta dapat ditanamkan pada tingkat-tingkat yang lebih rendah. Oleh sebab itu, maka menjadi sangat penting bagi seorang guru untuk mengembangkan media pembelajaran dalam menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan media Smart Roullete pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII MTs Darul Hikam Tracal yang valid, praktis, dan efektif. Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pengembangan Tjeerd Plomp yang terdiri dari lima fase yaitu, fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi, fase tes, evaluasi, dan revisi, serta fase implementasi. Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai pada fase ke-4 saja yaitu fase tes, evaluasi dan revisi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP dan LKS yang didesain sesuai dengan media Smart Roullete. Uji coba dilakukan pada 16 siswa kelas VIII MTs Darul Hikam Tracal. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh data sebagai berikut: kevalidan RPP berkategori valid (3,96), kevalidan media Smart Roullete berkategori valid (3,75), kevalidan LKS berkategori valid (4,03), masing-masing perangkat pembelajaran dinilai praktis oleh para ahli, aktivitas siswa dapat dikatakan efektif karena 100% aktivitas siswa positif terhadap pembelajaran, keterlaksanaan RPP pembelajaran memenuhi kriteria efektif (3,25), respon siswa memenuhi kriteria efektif (97,6% siswa merespon dalam kategori positif, dan hasil belajar siswa memenuhi batas ketuntasan (87,5%).} }