@thesis{thesis, author={Zulfida Zulfida}, title ={Peningkatan kreativitas siswa untuk membuat karya kerajinan teknik konstruksi melalui pendekatan konstruktivisme di bidang studi SBK di kelas IV-A SDI Tarbiyatul Athfal Surabaya}, year={2012}, url={http://digilib.uinsby.ac.id/9652/}, abstract={Berdasarkan hasil observasi di SDI Tarbiyatul Athfal Surabaya, pada mata pelajaran SBK kelas IV-Amenunjukkan bahwa tingkat kreativitas dalam berkarya keterampilan kerajinan tangan masih sangat kurang. Siswa juga jarang dilatih untuk berketerampilan selama pembelajaran SBK. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kreativitas kerajinan tangan dengan diterapkannya pendekatan konstruktivisme pada bidang studi SBK kelas IV-A SDI Tarbiyatul Athfal. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas siswa dalam berkerajinan tangan dengan diterapkannya pendekatan Konstruktivisme pada materi teknik konstruksi. Penelitian kali ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil karya. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, hasil observasi aktivitas guru sejumlah 97,3 %, hasil aktivitas siswa ddengan nilai rata-rata 3.44, dan hasil kreativitas karya siswa sejumlah 71,3 %. Sedangkan pada siklus II, hasil observasi aktivitas guru sejumlah 100 %, hasil aktivitas siswa ddengan nilai rata-rata 3.50, dan hasil kreativitas karya siswa sejumlah 88.25 % Bedasarkan hasil penelitian tersebut, menunjukkan bahwa pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam berkarya atau berketerampilan kerajinan tangan.} }