@thesis{thesis, author={ and Ana Nur }, title ={Korelasi Keberagamaan Orang Tua dengan Motivasi Ekstrinsik dalam Belajar Siswa Kelas IV dan V SDN Cerme 1 Pace Kab. Nganjuk}, year={2016}, url={http://digilib.uinsby.ac.id/9671/}, abstract={Berdasarkan latar belakang bahwa semakin tinggi tingkat keberagamaan orang tua akan berpengaruh pada semakin meningkatnya motivasi belajar anak pada pendidikan agama islam. Jika kedua orang tua berpegang teguh pada ajaran agama dalam mendidik anak-anak mereka, berarti mereka sedang membentuk anak-anak secara islami. Maka penulis tertarik menjadikan penelitian dala skripsi dengan judul: Korelasi Perilaku Keberagamaan Orang Tua Dengan Motivasi Ekstrinsik Dalam Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV Dan V SDN Cerme 1 Pace Kab.Nganjuk. penelitian ini bertujuan untuk 1. Untuk mengetahui bagaimana tingkat keberagamaan orang tua siswa kelas IV dan V SDN Cerme 1 Pace kab.Nganjuk. 2. Untuk mengetahui bagaimana motivasi ekstrinsik dalam belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV dan V SDN Cerme 1 Pace kab.Nganjuk. 3. Untuk mengetahui bagaimanakah korelasi keberagamaan orang tua dengan motivasi ekstrinsik dalam belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV dan V SDN Cerme 1 Pace kab.Nganjuk. Keberagamaan diartikan sebagai kondisi pemeluk agama dalam mencapai dan mengamalkan ajaran agamanya dalam kehidupan. Bentuk-bentuk perilaku keberagamaan pada masyarakat pada dasarnya meliputi keseluruhan perilaku yang dituntut agama (dalam konteks Islam) seperti sholat, zakat, puasa, ibadah haji, umrah dll. Motivasi adalah suatu dorongan perubahan energi diri seseorang guna mencapai suatu tujuan. Penelitian ini menggunkan metode kuantitatif yang teknik pengumpulan datanya menggunakan interview, onbervasi, angkat dan dokumentasi. Dengan populasi siswa SDN Cerme 1 tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 180 siswa dan yang diambil sampel 50 responden. Untuk mengetahui hasil pengaruh keberagamaan orang tua dengan motivasi belajar siswa, penulis menggunakan rumus Product moment. Penelitian ini menyatakan bahwa ada pengaruh antara keberagamaan orang tua dengan motivasi belajar siswa. Hal i ni terbukti dari perhitungan dengan menggunakan rumus Product moment dapat diketahui bahwa koefisien kolerasi atau hubungan antara dua variabel tersebut adalah 0,609. Besarnya hasil nilai r yang diperoleh, maka perlu dikonsultasikan dengan koefisien korelasi product moment pada tabel dengan N=50 baik dalam taraf signifikansi 1% maupun 5 % dengan hail sebagai berikut : Taraf signifikansi 1 % : ro = 0,609 dan rt = 0,361. Ini berarti ro > rt , maka hasilnya signifikan Taraf signifikansi 5 % : ro = 0,609 dan rt = 0,279. Ini berarti ro > rt , maka hasilnya signifikan Dari hasil tersebut maka hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima dengan Interpretasi r Product Moment Person 0,40- 0,70 (Antara variabel X dan variabel Y terdapat pengaruh yang sedang atau cukupan).} }