@thesis{thesis, author={Setiawan Yayan Eko}, title ={BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR REMAJA BROKEN HOME : STUDI KASUS PADA REMAJA DI SMP AL-AMANAH BILINGUAL SIDOARJO}, year={2012}, url={http://digilib.uinsby.ac.id/9682/}, abstract={Fokus penelitian adalah (1) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar?, (2) Bagaimana proses pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam dalam meningkatkan prestasi belajari remaja broken home di SMP Al-Amanah Bilingual Sidoarjo?, dan (3) Bagaimana hasil dari pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam dalam meningkatkan prestasi belajar remaja broken home di SMP Al-Amanah Bilingual Sidoarjo?. Untuk menjawab permasalahan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, adapun untuk tehnik analisisnya menggunakan analisis deskriptif. Dalam menganalisis peningkatan prestasi belajar remaja broken home pada seorang remaja SMP, data yang digunakan berupa data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis data. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar remaja broken home yaitu; (1) faktor internal, yang meliputi malas belajar, sering melamun, tidak fokus, tidak konsentrasi, memikirkan keluarga, dan merasa bersalah; dan (2) faktor eksternal, yang meliputi lingkungan sekolah, lingkungan pondok, dan lingkungan keluarga. Berdasarkan analisis data, penelitian ini menggunakan pendekatan behavior dengan langkah-langkah identifikasi, diagnosis, prognosis, treatment dan follow up. Dengan pendekatan behavior, terjadi perubahan-perubahan tingkah laku yang mencakup aspek kognitif, efektif dan psikomotorik pada diri klien dan nilai ulangan klien tidak ada yang remidi setelah proses konseling yang dilakukan oleh seorang konselor.} }