@thesis{thesis, author={Mauidlotul }, title ={Pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas 2 pada mata pelajaran aqidah akhlaq di MI Attaqwa Kalanganyar Karanggeneng Lamongan}, year={2012}, url={http://digilib.uinsby.ac.id/9858/}, abstract={Untuk mencapai apa yang terkandung dalam tujuan Pendidikan Nasional,utamanya untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, maka perlu adanya pembinaan pendidikan secara intensif bagi para siswa. Karena pembinaan secara intensif memerlukan keuletan serta waktu yang cukup lama dan pelaksanaannya secara kontinyu atau terus-menerus, mengingat waktu yang disediakan untuk pendidikan di sekolah relatif sedikit, maka tidak mustahil jika prestasi belajar siswa rendah, sedang akibat rendah minat belajar di sekolah akan berpengaruh juga pada prestasi siwa. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis ingin mengetahui bentuk bimbingan orang tua terhadap anaknya, prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran, juga untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh peranan bimbingan orang tua terhdap prestasi belajar. Selajutnya penelitian ini diberi judul “Pengaruh Bimbingan Orang, tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 2 pada Mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MI AT-TAQWA di Kalangannyar Karanggeneng Lamongan.”Dengan mengkaji pustaka yang berdasarkan rumusan masalah, maka akan dikaji beberapa teori yang mendukung permasalahan yang sedang diteliti, peneliti mengangkat hipotesis; ada pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas 2 pada mata pelajaran aqidah akhlaq di MI AT-TAQWA kalanganyar Karanggeneng Lamongan. Untuk memperoleh data yang diperlukan sebagai bahan penelitian, maka penulis menggunakan metode: observasi, Interview, angket dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 2 di MI AT-TAQWA Kalanganyar Karanggeneng Lamongan berjumlah 254 siswa dan diambil sampel sebanyak 35 siswa, juga termasuk orang tua siswa dari masing-masing responden. Penelitian ini menggunakan analisis statistik product moment dengan tehnik analisis data menggunakan tehnik prosentasi sesuai dengan penelitian ini termasuk jenis komparasi atau korelasi, dimana bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan dan bila ada seberapa erat hubungan, serta berarti tidaknya hubungan itu. Berdasarkan data yang ada pada obyek penelitian setelah dilakukan analisis statistik product moment diperoleh nilai ro(r hitung)0,916. sedangkan rt(r label) 0,304 maka taraf signifikan 5% dan 0,393 pada taraf signifikan 1% yang berarti hipotesa alternatif di setujui dan hipotesa nihil di tolak. dengan demikian berarti ada korelasi positif antara bimbingan orang tua dengan prestasi belajar siswa di MI AT-TAQWA Kalanganyar Karanggeneng Lamongan.} }