@thesis{thesis, author={Ridwantoro Moh.}, title ={PENGARUH METODE DEBAT AKTIF TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS VII MTs NU JOHO PACE NGANJUK}, year={2012}, url={http://digilib.uinsby.ac.id/9867/}, abstract={Penulis mengambil judul Pengaruh Pengaruh Metode Debat Aktif Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas VII MTs NU Joho Pace Nganjuk. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan metode debat aktif pada mata pelajaran fiqih di kelas VII MTs NU Joho Pace Nganjuk. (2) Bagaimana keberhasilan belajar siswa di kelas VII MTs NU Joho Pace Nganjuk. (3) Bagaimana pengaruh metode debat aktif dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa di kelas VII pada mata pelajaran fiqih MTs NU Joho Pace Nganjuk. Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian jenis kuantitatif korelasional. Adapun tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, interview, angket, dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh di analisis secara deskriptif dan di analisis dengan menggunakan rumus product moment. Berdasarkan rumusan masalah tersebut di atas dan setelah di analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) Metode debat aktif di MTs NU Joho Pace Nganjuk tergolong baik, hal ini terbukti dari hasil prosentase 85%. 2) Keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Kelas VII MTs NU Joho Pace Nganjuk tergolong baik, hal ini terbukti dari hasil prosentase 86%. 3) Terdapat pengaruh metode debat aktif terhadap keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs NU Joho Pace Nganjuk adalah tergolong sangat tinggi, hal ini berdasarkan pada “r” perhitungan yaitu 0,92 yang berada di atas 0,90 – 1,00. Jadi rhitung lebih besar dari pada rtabel berarti hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi adanya pengaruh metode debat aktif terhadap keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs NU Joho Pace Nganjuk di terima. Sedangkan hipotesis nol atau nihil yang berbunyi tidak adanya pengaruh metode debat aktif terhadap keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs NU Joho Pace Nganjuk di tolak. Kemudian pengaruh metode debat aktif terhadap keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs NU Joho Pace Nganjuk adalah “sangat tinggi”, hal ini berdasarkan tabel interpretasi nilai “r” dimana nilai rhitung berada di antara 0.09-1,00 yang berarti korelasinya sangat tinggi.} }