@thesis{thesis, author={Maftuhah Maftuhah}, title ={Self-Regulated Learning pada Siswa Tunanetra Berprestasi Tinggi}, year={2012}, url={http://digilib.uinsby.ac.id/9960/}, abstract={Setiap siswa memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi, tidak terkecuali bagi siswa tunanetra. Usaha untuk memenuhi kebutuhan terutama dalam pembelajaran dilakukan melalui sistem pengaturan pembelajaran. hal ini disebut dengan Self-regulated Learning yang memiliki tiga unsur yang harus dipenuhi yaitu metakognisi, motivasi dan interaksi aktif individu atau perilaku. Subyek penelitian adalah siswa tunanetra berprestasi secara akademik dan tinggal di asrama.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yang bertujuan untuk mengetahui cara belajar siswa tunanetra berprestasi tinggi, bentuk Self-regulated Learning yang dilakukan, dan cara menyelesaikan masalah akademik. Pengumpulan data menggunakan teknik trianggulasi baik sumber maupun teori, yaitu tehnik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain diluar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu. Dan tehnik yang dipakai adalah wawancara mendalam (in depth interview) yang didukung dengan observasi dan dokumentasi untuk mengetahui Self-regulated Learning pada siswa tunanetra berprestasi tinggi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa tunanetra berprestasi tinggi menerapkan Self-regulated Learning dalam pembelajaran melalui cara belajar yang baik, regulasi belajar yang sesuai dengan dirinya dan kemampuan menyelesaikan masalah yang tepat dengan motivasi yang tinggi baik dari dalam dirinya sendiri maupun dari orang-orang terdekat} }