@thesis{thesis, author={Mafruhah }, title ={Efektivitas metode Tutorial Teman Sebaya dalam meningkatkan daya ingat (memori) siswa: pada pembelajaran Bahasa Inggris}, year={2012}, url={http://digilib.uinsby.ac.id/9966/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode tutorial teman sebaya dalam meningkatkan daya ingat siswa pada pembelajaran bahasa inggris di MTS Raudlatul Ulum Bilapora Rebba Lenteng Sumenep. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII MTS yang terdiri dari 40 siswa, 20 siswa sebagai kelompok control dan 20 siswa sebagai kelompok eksperiment. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif serta pendekatan eksperimen murni degan jenis penelitian menerapkan desain eksperimen ulang (pre-tes post-test control group design). Penelitian ini menggunakan metode analisis statistic non-parametrik, yaitu Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan SPSS 11.5. dari hasil analisis data dapat diperoleh probabilitas nilai dari Zhitung -3,162 dan nilai signifikansi 0,002 pada taraf signifikansi (@) 5%, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, hipotesis statistik di atas yang menyatakan ada perbedaan kemampuan tingkat mengingat antara siswa kelompok yang diberikan metode tutorial teman sebaya dengan siswa kelompok control yang tidak menggunakan metode tutorial teman sebaya, terbukti diterima. Hal ini karena dari 20 siswa kelompok eksperiment yang dibandingkan, terdapat 20 (keseluruhan) siswa kelompok eksperimen kemampuan mengingatnya pada pembelajaran bahasa inggris lebih meningkat dibandingkan kemampuan mengingat pada kelompok control. Sehingga hipotesis penelitian yang menyatakan metode tutorial teman sebaya efektif dalam meningkatkan daya ingat siswa pada pembelajaran bahasa inggris terbukti kebenarannya. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata siswa kelompok eksperimen yang memiliki kemampuan berbahasa inggris lebih tinggi dibandingkan kamampuan pada kelompok control} }