@thesis{thesis, author={Paulus Samino CICILIA RINA FITRIANI}, title ={PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD DAN TIPE JIGSAW TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Eksperimental Semu pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Pangudi Luhur Bandar Lampung}, year={2013}, url={http://digilib.unila.ac.id/1005/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan model kooperatif Learning tipe STAD dan tipe Jigsaw terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes non- equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII C yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa penguasaan materi oleh siswa yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U dengan taraf 5%. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw sama-sama dapat meningkatkan penguasaanEkosistem yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Jigsaw (N- gain 68,94) lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan model STAD (N- gain 59,17). Indikator C4 (Aplikasi) merupakan indikator tertinggi yang dicapai siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw (N-gain 81,43), sedangkan pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah indikator C5 (N-gain 64,57). Selain itu, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw juga sama-sama meningkatkan aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ( 82) lebih tinggi dibandingkan dengan model STAD ( 73). Aspek mengemukakan pendapat merupakan aktivitas tertinggi yang dilakukan siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ( 84). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model STAD dan Jigsaw. Dengan demikian, penggunaan model STAD dan Jigsaw berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Ekosistem.} }