@thesis{thesis, author={Arrum Maishah Saba Putri 1113031014}, title ={STUDI PERBANDINGAN LIFE SKILLS (KECAKAPAN HIDUP) SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CO-OP CO-OP DAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP RESUME DENGAN MEMPERHATIKAN KONSEP DIRI PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 2 CANDIPURO, LAMPUNG }, year={2015}, url={http://digilib.unila.ac.id/10056/}, abstract={ABSTRAK STUDI PERBANDINGAN LIFE SKILLS (KECAKAPAN HIDUP) SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CO-OP CO-OP DAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP RESUME DENGAN MEMPERHATIKAN KONSEP DIRI PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 2 CANDIPURO, LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh Arrum Maishah Saba Putri Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya life skills siswa mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII Semester genap SMP Negeri 2 Candipuro, Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan mana yang lebih efektif antara model pembelajaran Co-op Co-op dan model pembelajaran Group Resume dalam meningkatkan life skills siswa serta untuk mengetahui pengaruh konsep diri yang dimiliki siswa terhadap pembentukan karakter sikap life skills di dalam pembelajaran IPS Terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: (1) Ada perbedaan life skills siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Co-op Co-op dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Group Resume pada mata pelajaran IPS Terpadu. (2) Ada perbedaan life skills siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Co-op Co-op lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya mengggunakan model pembelajaran Group Resume bagi siswa yang memiliki konsep diri tinggi pada mata pelajaran IPS Terpadu. (3) Ada perbedaan life skills siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Co-op Co-op lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya mengggunakan model pembelajaran Group Resume bagi siswa yang memiliki konsep diri rendah pada mata pelajaran IPS Terpadu. (4) Ada perbedaan interaksi antara model pembelajaran dengan konsep diri terhadap life skills. kata kunci: co-op co-op, group resume, life skills, model pembelajaran, konsep diri} }