@thesis{thesis, author={Umi Yuli Astuti 1113053115}, title ={PENERAPAN METODE INKUIRI DENGAN MEDIA GRAFIS PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 REJO AGUNG}, year={2015}, url={http://digilib.unila.ac.id/10093/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang rata-ratanya sebesar 55,5 pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 2 Rejo Agung tahun ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS menggunakan metode inkuiri dengan media grafis di kelas IV SD Negeri 2 Rejo Agung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur dilaksanakan melalui dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kinerja guru, dan lembar tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif data aktivitas siswa dan kinerja guru. Sedangkan data kuantitatif untuk mengukur data hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode inkuiri dengan media grafis pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 2 Rejo Agung meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 56,88 dengan persentase 40,63% dan terjadi peningkatan sebesar 18,43 pada siklus II menjadi 75,31 dengan persentase 81,25%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 63,06 meningkat sebesar 14,25 pada siklus II menjadi 77,31 dengan persentase ketuntasan 81,25%. Kata Kunci: Metode Inkuiri, Media Grafis, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar.} }