@thesis{thesis, author={Ria Dwi Yunita 1113023055}, title ={EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MERENCANAKAN}, year={2015}, url={http://digilib.unila.ac.id/10098/}, abstract={ABSTRAK EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MERENCANAKAN Oleh RIA DWI YUNITA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah pada materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan merencanakan. Tahapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ilmiah meliputi kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan. Keterampilan merencanakan terutama dilatihkan pada kegiatan mencoba. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 166 siswa dari seluruh kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Pringsewu tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, dan ditetapkan kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Efektivitas pendekatan ilmiah dianalisis berdasarkan perbedaan rata-rata n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata n-Gain keterampilan merencanakan pada kelas eksperimen sebesar 0,47 dan kelas kontrol sebesar 0,34. Berdasarkan pengujian hipotesis, rata-rata n-Gain keterampilan merencanakan pada materi asam basa dengan pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah lebih tinggi daripada rata-rata n-Gain keterampilan merencanakan dengan pembelajaran konvensional. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan pendekatan ilmiah pada materi asam basa efektif dalam meningkatkan keterampilan merencanakan. Kata Kunci: asam basa, keterampilan merencanakan, n-Gain, pendekatan ilmiah} }