@thesis{thesis, author={Ristiana 1113053097}, title ={PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV A SD NEGERI 5 BUMI NABUNG ILIR}, year={2015}, url={http://digilib.unila.ac.id/10118/}, abstract={Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV A SD Negeri 5 Bumi Nabung Ilir Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan model problem based learning dengan media audio visual. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal-soal tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dengan media audio visual pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A SD Negeri 5 Bumi Nabung Ilir. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa di siklus I dan siklus II. Persentase hasil belajar kognitif siswa pada siklus I adalah 65,38% dengan nilai rata-rata 67,69 dalam kategori ?Baik?. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 15,39% menjadi 80,77% dengan nilai rata-rata 73,23 dalam kategori ?Sangat Baik?. Persentase hasil belajar afektif siswa pada siklus I adalah 57,69% dengan nilai rata-rata 67,31 dalam kategori ?Cukup?. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 19,23% menjadi 76,92% dengan nilai rata-rata 73,39 dalam kategori ?Baik?. Persentase hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I adalah 61,53% dengan nilai rata-rata 67,47 dalam kategori ?Terampil?. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 19,24% menjadi 80,77% dengan nilai rata-rata 74,19 dalam kategori ?Sangat Terampil?. Kata kunci: hasil belajar, media audio visual, model problem based learning. } }