@thesis{thesis, author={Lulu Endarwati 1013052033}, title ={HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 METROTAHUN PELAJARAN 2013/2014}, year={2015}, url={http://digilib.unila.ac.id/9708/}, abstract={ABSTRAK HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 METROTAHUN PELAJARAN 2013/2014 Oleh Lulu Endarwati Masalah penelitian ini adalah prestasi belajar siswa yang rendah. Adapun permasalahan penelitian ini yaitu ?Apakah terdapat hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar siswakelas VIII SMP Negeri 9 Metro??. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada siswakelas VIII SMP Negeri 9 Metro. Metode penelitian ini bersifat korelasional dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosional dan dokumentasi, sampel penelitian sebanyak tiga puluh delapan siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Metro yang memiliki prestasi belajar rendah. teknik pengumpulan sampel menggunakan random sampling. Teknik analisis data menggunakan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa. Dari pengujian hipotesis didapatkan hasil korelasi antarakecerdasan emosional dan prestasi belajar sebesar r hitung = 0,839> rtabel = 0,320 signifikan pada taraf signifikansi 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Metro tahun pelajaran 2013/2014. Maka siswa yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi akan memiliki prestasi belajar yang baik.Saran yang dapat diberikan1) Kepada siswa agar mampu mengenali emosi, mampu memotivasi dan meningkatkan aktivitas belajar karena hal itu akan membantu siswa agar termotivasi untuk memperoleh prestasi yang baik. 2) Kepada guru BK hendaknya memberikan materi?materi yang dapat mengembangkan kecerdasan emosional siswa memberi arahan siswa agar lebih dapat meningkatkan aktivitas belajarnya. 3) Bagi para meneliti untuk penelitian selanjutnya sebaiknya dalam pengambilan data tentang prestasi belajar tidak menggunakan seluruh mata pelajaran melainkan difokuskan pada satu atau dua mata pelajaran saja sehingga hasil dari data tersebut sesuai dengan yang diharapkan. Kata Kunci: kecerdasan emosional,metode korelasional, prestasi belajar} }