@thesis{thesis, author={Kawan and Naumi Dewiani }, title ={PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) ENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DAN MEDIA KARTU PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 MEDAN}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10016/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa dengan menerapkan model kooperatif tipe NHT menggunakan macromedia flash dan media kartu di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Medan semester genap tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Medan. Sampel penelitian ini sebanyak 2 (dua) kelas XI IPA sebagai kelas eksperimen I dan eksperimen II. Kelas eksperimen I dibelajarkan dengan model kooperatif tipe NHT dengan menggunakan macromedia flash dan kelas eksperimen II dibelajarkan dengan model kooperatif tipe NHT dengan menggunakan media kartu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia siswa dengan model kooperatif tipe NHT menggunakan macromedia flash dan media kartu pada pokok bahasan koloid. Data statistik analisis penelitian ini menunjukkan bahwa gain di kelas eksperimen I mencapai 63% , dan di kelas eksperimen II 50%. Hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen I (33,78 ± 10,72) dan postes (75,75 ± 10,43). Hasil pada kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata pretes (37,12 ± 11,51) dan postes (68,63 ± 10,36). Data pretes, postes diuji normalitas dan diperoleh data terdistribusi normal. Data pretes kedua kelas diuji homogenitas diperoleh bahwa kedua kelas homogen sebelum mendapat perlakuan berbeda. Besarnya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe NHT menggunakan macromedia flash dan media kartu pada pokok bahasan koloid diperoleh sebesar 13%.} }