@thesis{thesis, author={M.M and Saudur }, title ={EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DAN TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIVIMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJARKIMIA SISWA DI KELAS X SMA MASEHI BERASTAGI T.A 2011/2012}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10019/}, abstract={Penelitian ini bertujuan pengaruh model pembelajaran TAI dan STAD serta untuk mengetahui keberhasilan belajar kimia siswa SMA melalui pembelajaran kooperatif tipe TAI dan tipe STAD pada kemampuan tinggi dan kemampuan rendah pada materi pokok Hidrokarbon SMA Masehi Berastagi T.A 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini populasi yang diambil seluruh kelas X SMA Masehi Berastagi T.A 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan secara purposif sampling berdasarkan tujuan penelitian dan banyak sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu eksperimen 1 dan eksperimen 2 masing-masing terdiri dari 38 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 20 soal tes dimana sebelum tes diujikan terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Tes diberikan sebanyak dua kali yaitu pretest diberikan sebelum pembelajaran dan postest diberikan setelah pembelajaran. Dari hasil pengolahan data diperoleh bahwa pembelajaran kooperatif tipe TAI dan kooperatif tipe STAD berpengaruh positif terhadap keberhasilan belajar siswa, 8,60 > 2, 763 (f hitung > ftabel). Dari kedua model pembelajaran ternyata pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik pada siswa kemampuan tinggi, dan kooperatif tipe STAD lebih baik pada siswa kemampuan rendah. Dengan demikian terdapat interaksi dari kedua tipe pembelajaran tersebut .} }