@thesis{thesis, author={ and Murniaty }, title ={PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN BANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN PADA MATERI POKOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10030/}, abstract={Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan bantuan macromedia flash terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yang diambil secara purposive sampling dimana kelas ekperimen dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan bantuan macromedia flash dan kelas kontrol dengan penerapan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes objektif 18 soal dari 30 soal yang telah diuji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal serta lembar observasi untuk penilaian aktivitas belajar siswa. Data peningkatan hasil belajar dianalisis dengan uji t (uji pihak kanan) pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil uji t, thitung > ttabel (19,20 > 1,69) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan bantuan macromedia flash berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas XI pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol, yaitu 58,68 > 42,51. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen adalah 43% dan kelas kontrol adalah 28%. Perbedaan peningkatan hasil belajar kedua kelas sebesar 15%. Hasil uji korelasi diperoleh nilai rxy=0,1252 yang menunjukkan hubungan antara aktivitas dengan peningkatan hasil belajar kimia siswa adalah sangat rendah.} }