@thesis{thesis, author={Albinus and Evi Christina }, title ={PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA PIKIRAN PADA PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X SMA}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10044/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan penggunaan media peta pikiran pada metode pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dan tanpa penggunaan media peta pikiran pada metode pembelajaran yang sama di kelas X semester 2 SMA. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X SMA negeri 6 Binjai tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 64 orang yang berada pada dua kelas. Kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan media peta pikiran dengan metode pembelajran bersifat kooperatif tipe think-pair-share dan kelas kontrol diajarkan dengan metode pembelajran bersifat kooperatif tipe think-pair-share namun tanpa penggunaan media peta pikiran. Untuk memperoleh data hasil belajar tersebut digunakan objektif test sebanyak 20 butir soal dengan lima pilihan jawaban.Hasil yang diperoleh: nilai rata-rata pretest = 22,1875 dan post-test= 68,125 pada kelas eksperimen; Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test = 24,5313 dan post-test = 48,4375. Persentase efektivitas didapat sebesar 67,43%; dari hasil uji statistik t pada taraf signifikansi α= 0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media peta pikiran pada pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dibandingkan dengan hasil bejarar siswa yang diajar tanpa menggunakan media peta pikiran pada pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share;dan dari hasil perhitungan uji statisik chi kuadrat factorial 2x2 menujukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dengan menggunakan media peta pikiran berpengaruh positif terhadap keberhasilan belajar kimia siswa} }