@thesis{thesis, author={P. Maulim and Ruth Christine }, title ={PENGARUH PEMBERIAN TUGAS DAN UMPAN BALIK(FEED BACK) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10048/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis pemberian tugas, umpan balikdan interaksi antara pemberian tugas dan umpan balik terhadap hasil belajar kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Delitua yakni sebanyak 5 kelas. Sampel penelitian diambil secara acak sebanyak 4 kelas. Kemudian menetapkan siswa yang relatif homogen statusnya dari setiap kelas sampel sebanyak 10 orang siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian 2 x 2. Ada dua faktor yang diujicobakan yaitu faktor A : Pemberian Tugas dan terdiri dari dua taraf yaitu A1 = individu A2 = kelompok, faktor B : Umpan Balik yang terdiri dari ada 2 taraf yaitu B1= Tingkat 2 dan B2 = Tingkat 4. Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh bahwa Fhit (AB) > Ftabel atau 11,59> 4,11 ,artinya ada interaksi antara pemberian tugas dan umpan balik terhadap hasil belajar kimia siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan pemberian tugas individu memberikan rataan peningkatan lebih tinggi bila diberikan umpan balik tingkat 4 (5,87 ± 0,77) dan memberikan rataan peningkatan yang rendah bila diberikan umpan balik tingkat 2 (3,84 ± 0,67). Siswa yang diajarkan dengan pemberian tugas kelompok memberikan rataan peningkatan nilai lebih tinggi bila diberikan umpan balik tingkat 2 (4,72 ± 0,99) dan memberikan rataan lebih rendah bila diberikan umpan balik tingkat 4 (4,03 ± 0,59). Pada uji pengaruh sederhana siswa yang diajarkan dengan pemberian tugas individu sebaiknya diberikan umpan balik tingkat 4 sedangkan siswa yang diajarkan dengan pemberian tugas kelompok sebaiknya diberikan umpan balik tingkat 2.} }