@thesis{thesis, author={Lia Junita and Mara Bangun }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE THINK PAIR SHARE BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GAYA DI KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 19 MEDAN T.P. 2012/2013}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10060/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbasis peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gaya dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbasis peta konsep pada materi pokok gaya.Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Medan berjumlah 251 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII7 jumlah siswa 34 orang dan kelas VIII6 jumlah siswa 34 orang. Metode penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Two Group Pretest Postest Design. Kelas VIII7 menggunakan model pembelajaran cooperative tipe think pair share berbasis peta konsep (eksperimen) dan kelas VIII6 menggunakan model pembelajaran konvensional (kontrol). Instrumen yang digunakan tes hasil belajar serta hasil observasi aktivitas. Tes diuji validitas isi dan validitas ramalan menggunakan rumus product moment. Tes yang valid 20 soal dengan ketentuan rhitung > 0,339. Reabilitas tes diuji dengan rumus KR-20 dan diperoleh hasil r11 sebesar 0,81. Teknik analisis data menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov untuk uji normalitas diperoleh data terdistribusi normal. Data pretes kedua kelas diuji homogenitasnya, diperoleh kedua kelas homogen. Peningkatan hasil belajar kedua kelas diuji beda dengan uji t-sampel independen. Hasil pengujian sig. < α (0,047 < 0,05) dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen sebesar 75, 73 dan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 71,75 dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran cooperative tipe think pair share berbasis peta konsep terhadap hasil belajar siswa dan ada peningkatan aktivitas belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model cooperative tipe think pair share berbasis peta konsep pada materi pokok gaya.} }