@thesis{thesis, author={Eidi and Febriani Hastini }, title ={EFFECTIVENESS OF JIGSAW COOPERATIVE LEARNING MODEL IN HEAT AND TEMPERATURE ON STUDENT}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10087/}, abstract={ujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif jigsaw dalam panas dan suhu pada hasil belajar siswa kelas X SMA Swasta Muhammadiyah 1 Medan Tahun Ajaran 2011/2012.Metode penelitian adalah eksperimental semu. Populasi adalah tujuh puluh (70) siswa kelas X semester II SMA Swasta Muhammadiyah 1 Medan dan semua penduduk menjadi sampel penelitian ini. Sampel dibagi menjadi dua kelas, kelas eksperimen dan kontrol.Hasil yang diperoleh: (1) The post-test rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 69.47 dan 56,56 adalah nilai rata-rata untuk kelas kontrol. Standar deviasi untuk dua kelas adalah 13,65 dan 18,65. Normalitas hasil tes dari kedua sampel adalah normal tetapi tidak homogen. Oleh karena t-test dilakukan pada penelitian ini. Thitung adalah 3,29 dengan batas bawah -2,03 dan 2,03 batas atas. Post-test tidak memenuhi persyaratan batas daerah penerimaan -2,03