@thesis{thesis, author={Erlin Endri Nevi and Masdiana }, title ={EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI KELAS XI IPASMA NEGERI 1 PANCUR BATU TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10104/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi pokok struktur dan fungsi sel di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan Juli 2012. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pancurbatu yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang digunakan adalah satu kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas XI IPA 2 yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis berbentuk pilihan berganda. Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT diketahui dengan melihat hasil belajar dan mengajar guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terbukti efektif. Hasil analisis data diperoleh untuk penguasaan siswa, dari 32 siswa terdapat 3 siswa atau 9,4% yang tingkat penguasaannya sangat tinggi, ada 3 orang siswa atau 9,4% yang tingkat penguasaannya tinggi, ada 22 siswa atau 68,7% yang tingkat penguasaannya sedang dan ada 4 siswa atau 12,5% yang tingkat penguasaannya rendah. Untuk ketuntasan belajar secara individu, ada 4 siswa yang belum tuntas dan 28 siswa yang sudah tuntas, sedangkan secara klasikal dinyatakan tuntas karena persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 87,5% atau memenuhi kriteria ≥ 85%. Untuk ketuntasan pencapaian indikator, kelima indikator dalam penelitian ini sudah tercapai dengan rincian indikator pertama 82,49%, indikator kedua 78,56%, indikator ketiga 79,16%, indikator keempat 80,20% dan indikator kelima 78,12. Untuk kegiatan pembelajaran didapatkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT terlaksana dengan baik.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif TGT pada materi pokok struktur dan fungsi sel di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013 memberikan hasil yang efektif terhadap hasil belajar siswa.} }