@thesis{thesis, author={Era Erhasil and Masdiana }, title ={KORELASI KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10125/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012 berjumlah 201 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil secara random sampling berjumlah 60 orang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan kuesioner (angket) dan tes sebagai alat pengumpul data penelitian.Dari hasil uji persyaratan data diketahui bahwa data kecerdasan emosional maupun data hasil belajar siswa berdistribusi secara normal dan homogen dengan skor rata-rata 148,9 dengan standar deviasi 9,76 untuk data kecerdasan emosional siswa dan nilai rata-rata 71,25 dengan standar deviasi 10,79 untuk data hasil belajar biologi siswa. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa bentuk persamaan regresi Ŷ = -20,5 + 0,62X merupakan regresi linier, dimana Fhitung < Ftabel (1,76 < 1,86) dengan taraf kepercayaan α = 0,05. Dari perhitungan koefisien korelasi didapat r = 0,56 dengan indeks determinasi I = 31,4 %. Artinya ada korelasi yang positif dan berarti antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa, dimana faktor kecerdasan emosional mahasiswa memberikan kontribusi sebesar 31,4 % terhadap peningkatan hasil belajar siswa.} }