@thesis{thesis, author={ and Nur Ani }, title ={UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN TEKNIK PETA PIKIRAN ( MIND MAP ) PADA MATERI POKOK ALAT INDERA PADA MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SELESAIT.P 2011/2012}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10133/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil dan aktivitas belajar siswa melalui penggunaan teknik peta pikiran (Mind Map) terhadap siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Selesai dengan penerapan peta pikiran, Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 40 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan teknik peta pikiran. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan berganda yang terdiri dari 5 option, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar peta pikiran. Hasil belajar diketahui dari kemampuan siswa mengerjakan soal-soal setelah proses belajar mengajar pada tes 1 pada siklus I dan tes 2 pada siklus II. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siklus I 67,62 dengan ketuntasan belajar klasikal 62,5 %, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siklus II adalah 83 dengan ketuntasan klasikal 92,5 % jadi terjadi peningkatan 15,38 dari siklus I. Sedangkan penilaian peta pikiran menunjukkan adanya peningkatan dengan nilai rata-rata 63,5 pada siklus 1 dan meningkat menjadi 83,93 pada siklus II. Begitu juga dengan hasil observasi aktivitas siswa juga menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I 58,76 meningkat menjadi 84,82 pada siklus ke II dan terjadi peningkatan sebesar 26,06. Berdasarkan hasil pemaparan di atas, dapat dinyatakan bahwa penerapan teknik peta pikiran dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar (15,38) dan aktivitas belajar siswa sebesar (26,06) pada materi pokok alat indera pada manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Selesai.} }