@thesis{thesis, author={ and Putri Sabila Alhaq }, title ={PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA NEGERI 2 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10153/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan menggunakan media Audio-Visual dan media Gambar pada Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusia di SMA Negeri 2 Kisaran Tahun Pembelajaran 2011/2012.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kisaran tahun pembelajaran 2011/ 2012 yang berjumlah 248 orang. Sampel penelitian diambil secara random sampling (sampel acak) yang berjumlah 64 orang. Dimana kelas XI IPA 2 diberi pembelajaran dengan menggunakan media Audio-Visual, dan kelas XI IPA 3 diberi pembelajaran menggunakan media Gambar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan Media Audio-Visual lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar biologi siswa dengan pembelajaran menggunakan Media Gambar pada materi pokok sistem reproduksi manusia. Dimana nilai rata-rata hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan menggunakan media audio-visual lebih tinggi, dengan nilai rata-rata postes 80,25, dengan SD = 6,32. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar biologi siswa yang diajar tanpa menggunakan media gambar, dengan nilai rata-rata postes 75,25, dengan SD =6,84. Adanya perbedaan hasil belajar ini juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thitung > ttabel (3,05 > 1,999), yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan media audio-visual lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar biologi siswa menggunakan media gambar pada Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusia di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kisaran Tahun Pembelajaran 2011/2012.} }