@thesis{thesis, author={Erli Kasna and Rosita }, title ={PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MATERI DAUR BIOGEOKIMIA DI SMA SWASTA GBKP KABANJAHE}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10207/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan tipe Student Teams Achievement Division (STAD)materi Daur Biogeokimiadi SMA Swasta GBKP Kabanjahe T.P 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Swasta GBKP Kabanjahe kelas X yang berjumlah 114 orang siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil secara acak terdiri atas dua kelas dimana satu kelas menjadi kelas eksperimen I dengan monerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS sedangkan pada kelas lainnya merupakan kelas eksperimen II dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD. Jenis dan desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan instrumen yang digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa berupa tes objektif sebanyak 20 soal pilihan berganda yang telah valid dan reliabel.Berdasarkan uji persyaratan data diketahui bahwa data hasil pretes dan postes dari kedua kelas penelitian dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Untuk pengujian hipotesis diketahui nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen I (TPS) sebesar 82,11 sedangkan pada kelas eksperimen II (STAD) sebesar 77,78. Dengan menggunakan nilai rata-rata diketahui harga thitung = 1,85 Sedangkan untuk harga ttabel dengan dk (N-2) = 2,00. Karena thitung