@thesis{thesis, author={Andreas Kurnia and Simson }, title ={PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 3 BINJAI}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10276/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Hidrokarbon di SMA Negeri 3 Binjai. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I SMA negeri 3 Binjai, yang terdiri dari 7 kelas, dengan jumlah siswa 278 orang. Sampel yang digunakan terdiri dari 1 kelas eksperimen dan 1 kelas control. Perlakuan yang dilakukan adalah pembelajaran Hidrokarbon dengan penggunaan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) untuk kelas eksperimen dan pendekatan konvensional untuk kelas kontrol. Parameter yang digunakan adalah hasil belajar siswa dalam pembelajaran Hidrokarbon. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa yang telah di uji coba validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Dari 35 soal yang diujikan ada 25 soal yang valid, dari 25 soal tersebut mempunyai reliabilitas sebesar 0,503, dari 25 soal yang valid mempunyai daya beda pada kategori baik ada 17 item kategori cukup ada 3 item kategori jelek ada 5 item dan mempunyai tingkat kesukaran dengan kategori mudah 6 item, kategori sedang 16 item dan kategori sukar 3 item. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t dengan taraf signifikan 0,05. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung = 4, 096 ˃ t table = 1,98. Berarti Ho ditolak, Ha diterima sehingga ada pengaruh Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Hidrokarbon di SMA Negeri 3 Binjai.} }