@thesis{thesis, author={Dika Imara and Elly }, title ={PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERTIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERMEDIA PICTURE AND PICTURE DAN NHT TANPA MEDIA TENTANG SEL DI KELAS XI IPA MA DAAR AL ULUM ASAHAN T.P. 2012/2013}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10301/}, abstract={Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbadaan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) bermedia Picture And Picture dan NHT tanpa Media Terhadap Hasil Belajar Siswa tentang Sel Di Kelas XI IPA MA Daar Al Ulum Asahan T.P. 2012/2013.Populasi pada penelitan ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 2 kelas, yang berjumlah 60 orang. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas XI IPA, kelas X1 (kelas eksperimen, yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) bermedia Picture And Picture dan kelas X2 kelas kontrol, Numbered Head Together (NHT), dengan jumlah anggota sampel masing - masing adalah 30 orang. Data diperoleh melalui bentuk soal pilihan berganda yang terdiri dari 30 soal. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siswa terlihat adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan dimana rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) bermedia Picture And Picture sebesar 77,810 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Numbered Head Together (NHT) sebesar 69,266. Adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelas penelitian tersebut dibuktikan melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thitung < ttabel (1,674 < 2,869), yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) bermedia Picture And Picture dan NHT tanpa Media Tentang Sel Di Kelas XI IPA MA Daar Al Ulum Asahan T.P. 2012/2013.} }