@thesis{thesis, author={Lailatul and Syahmi }, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X MAN LIMA PULUH KABUPATEN BATUBARA TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10311/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, tingkat penguasaan yang dicapai siswa dan melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together di kelas X MAN Lima Puluh Kabupaten Batu Bara Tahun Pembelajaran 2011/2012. Metode penelitian bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian adalah kelas yang memiliki masalah tertentu. Kelas yang diteliti terdiri dari 35 siswa. Berdasarkan hasil belajar dari siklus I, rata-rata nilai pretes 52,38 meningkat menjadi 70,66 pada postes. Begitu juga pada siklus II, terjadi peningkatan dari 59,62 menjadi 76,95. Pada penelitian ini diperoleh data kriteria ketuntasan belajar individu dan klasikal, sebagai berikut: sebanyak 29 siswa dari 35 siswa atau 82,85% yang memperoleh nilai di atas 70 atau sama dengan 70 dan 6 siswa lainnya atau sebesar 17,14% memperoleh nilai di bawah 70. Dengan demikian pembelajaran pada penelitian ini dapat dikatakan telah tuntas. Kriteria tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan, yang dibuat berdasarkan tes akhir adalah sebagai berikut: dari 35 siswa terdapat 11,42% siswa yang mempunyai penguasaan sangat tinggi, 42,85% siswa yang mempunyai penguasaan tinggi, 28,57% siswa yang mempunyai penguasaan sedang dan 11,42% siswa yang mempunyai penguasaan rendah. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together pada materi ekosistem di kelas X2 cenderung mengalami peningkatan.} }