@thesis{thesis, author={Abdul and Laina Yusripa }, title ={PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS VII SEMESTER 1 MTS HIFZIL QURAN YIC MEDAN T.P. 2013/2014}, year={2014}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10374/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran inquiry training dan pembelajaran konvensional beserta mengetahui aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran inquiry training pada materi pokok Zat dan Wujudnya di kelas VII semester I MTs Hifzil Quran YIC Medan T.P 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII Semester I MTs Hifzil Quran YIC Medan yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak yaitu kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang dan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal dengan 4 option. Sebelum tes ini di ujikan kepada siswa, maka terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat tes. Aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh observer. Berdasarkan analisa data, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 45.2 dengan standar deviasi 14.9, dan nilai rata-rata kelas kontrol 43.8 dengan standar deviasi 16.1, Pada pengujian normalitas untuk pretes pada kelas eksperimen Lhitung = 0.1381 dan Ltabel = 0.1401, untuk kelas kontrol Lhitung = 0.0922, dan Ltabel = 0.1401 sehingga Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas Fhitung = 1.17 dan Ftabel = 1.7 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas, nilai rata-rata postes kelas eksperimen 70.3 dengan standar deviasi 11.1 dan kelas kontrol 64.7 dengan standar deviasi 12.7. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 60.01 termasuk dalam kriteria aktif. Hasil uji t diperoleh thitung = 2.13 dan ttabel = 1.99 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan model pembelajaran inquiry training dan pembelajaran konvensional pada materi pokok zat dan wujudnya di kelas VII semester I MTS Hifzil Quran YIC medan T.P 2013/2014} }