@thesis{thesis, author={J. H. and Tamrin I. }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA ST. PETRUS SIDIKALANG T.P. 2013/2014}, year={2014}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10377/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gerak lurus di kelas X semester I SMA Swasta St. Petrus Sidikalang T.P. 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Swasta St. Petrus Sidikalang yang terdiri dari 5 kelas berjumlah 216 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 28.5 dengan standar deviasi 8.63, dan nilai rata-rata kelas kontrol 27.86 dengan standar deviasi 8.46. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0.1115 dan Ltabel = 0.1401, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0.1381, dan Ltabel = 0.1401, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,040 dan Ftabel = 1,705 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 71.20 dengan standar deviasi 9.25 dan kelas kontrol 63.63 dengan standar deviasi 9.99. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 60.14 termasuk dalam kriteria aktif. Hasil uji t diperoleh thitung = 3.404 dan ttabel = 1.666 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian ada perbedaan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gerak lurus di kelas X semester I SMA Swasta St. Petrus Sidikalang T.P. 2013/2014.} }