@thesis{thesis, author={Inna Sakinah and Nurdin }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS VIII SEMESTER I SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN T.P 2013/2014}, year={2014}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10379/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dengan menggunakan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi kelas VIII semester I SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas VIIIB dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achivement Division (STAD) dengan menggunakan metode eksperimen dan kelas VIIIC dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes yang berbentuk pilihan ganda untuk soal pre-test dan post-test yang dibuat sebanyak 16 soal dan terdiri dari 4 pilihan jawaban dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.Dari hasil penelitian diperolah hasil belajar fisika siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dengan menggunakan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII pada materi pokok Usaha dan Energi di semester I SMP Muhammadiyah Swasta Medan T.P.2013/2014 (kelas eksperimen) sebelum diberikan perlakuan rata-rata pretes sebesar 44,391 dan setelah diberikan perlakuan rata-rata postes siswa sebesar 72,115. Hasil belajar fisika siswa yang diberi pembelajaran dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII pada materi pokok Usaha dan Energi di semester I SMP Muhammadiyah Swasta Medan T.P.2013/2014 (kelas kontrol) sebelum diberikan perlakuan rata-rata pretes sebesar 37,321 dan setelah diberikan perlakuan rata-rata postes siswa sebesar 61,07. Ada pengaruh dengan model pembelajaran yang digunakan terhadap hasil belajar siswa dengan thitung > ttabel = 2,497 > 2,00 pada taraf signifikansi α = 0,05.} }