@thesis{thesis, author={Nuraini and Nurmala }, title ={PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 RUNDANG TAHUN PEMBELAJARAN 2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10396/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Student Team Achievement (STAD) pada materi pokok Struktur dan Fungsi Sel di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Rundeng Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah siswa 110 orang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara random (random sampling). Dua kelas sebagai sampel yaitu kelas XI1 sebagai kelas STAD dan XI2 sebagai kelas NHT. Masing-masing berjumlah 40 siswa sehingga total sampel adalah 80 siswa. Rata-rata hasil belajar kelas NHT sebesar 7,1 dengan standar deviasi 1,25 dan kelas STAD 5,97 dengan standar deviasi 1,22. Uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 4,06 > ttabel = 2,648 . Jadi didapat bahwa thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya ada perbedaaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Student Team Achievement (STAD) pada materi pokok Struktur Dan Fungsi Sel di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Rundeng Tahun Pembelajaran 2013/2014.} }