@thesis{thesis, author={ and Hakim }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN DI KELAS VII SMP NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN T.P. 2013/2014}, year={2014}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10404/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran langsung/DI pada materi pokok Besaran dan Satuan di kelas VII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan T.P 2013/2014, dan untuk mengetahui aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan yang terdiri dari 7 kelas berjumlah 189 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas secara acak yaitu kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 10 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh satu observer. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 51.875 dengan standar deviasi 19.9, dan nilai rata-rata kelas kontrol 44.685 dengan standar deviasi 16.06. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0.14335 dan Ltabel = 0.1571, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0.14535, dan Ltabel = 0.1571, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1.5365 dan Ftabel = 1.8257 sehingga Fhitung < Ftabel dengan menggunakan α= 0,05 maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung/DI. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 71.25 dengan standar deviasi 15.6 dan kelas kontrol 62.81 dengan standar deviasi 15.7. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 68.85 termasuk dalam kriteria cukup aktif. Peningkatan hasil belajar diperoleh sebesar 0,4 dengan kategori sedang. Hasil uji t diperoleh thitung = 2.16 dan ttabel = 1.67 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada perbedaan akibat pengaruh model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar pada materi pokok besaran dan satuan di kelas VII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan T.P 2013/2014.} }