@thesis{thesis, author={Destriana and Pintor }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM NEWTON TENTANG GERAK DAN GRAVITASI DI KELAS XI IPA SEMESTER I SMA NEGERI 1 KISARAN T.P. 2013/2014}, year={2014}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10412/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Berbasis Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok hukum-hukum newton tentang gerak dan gravitasi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kisaran TP. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA Semester I SMA Negeri 1 Kisaran yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA3 sebagai kelas kontrol. Yang masing-masing berjumlah 40 orang. Uji pra syarat tes yaitu harus memiliki daya beda, reliabel, tingkat kesukaran soal dan valid. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa.Hasil pengujian pretest sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 49 dengan standar deviasi 9,21 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 46 dengan standar deviasi 8,78. Sehingga Lhitung ttabel (3,94 > 1,994) maka H diterima yakni ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Berbasis Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum-hukum Newton Tentang Gerak dan Gravitasi di kelas XI IPA semester Ganjil SMA Negeri 1 Kisaran TP. 2013 / 2014.} }