@thesis{thesis, author={ and Dian }, title ={PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DAN SEM (STRUCTURE EXERCISE METHODE) PADA POKOK BAHASAN SRTUKTUR ATOM}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10446/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X SMA dengan menggunakan metode STAD (Student Teams Achievement Division) dan SEM (Structure Exercise Methode) pada pokok bahasan struktur atom. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Nusantara Lubuk Pakam yang berjumlah 6 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara random. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode STAD memberikan hasil belajar yang baik sebesar 77,66 sedangkan nilai rata-rata siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode SEM sebesar 72,76. Disamping itu, dari analisis data gain yang telah berdistribusi normal dan homogen bahwa rata-rata gain yang diperoleh siswa di kelas eksperimen I sebesar 0,6402 dan kelas eksperimen II sebesar 0,6381 sehingga persentase peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen I sebesar 64,02 % sedangkan pada kelas eksperimen II sebesar 63,81 %. Sesuai dengan uji hipotesis yakni uji t dua pihak, dengan taraf signifikan 0,025 diperoleh thitung < ttabel, yakni thitung = 0,047 < ttabel = 2,0021, berarti Ha ditolak dan terima Ho. Dengan melihat hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar siswa kelas X SMA yang diajarkan dengan menggunakan metode STAD dengan yang diajarkan dengan metode SEM pada pokok bahasan struktur atom.} }